Senin, 02 Maret 2015

Marketing Plan

MARKETING PLAN


Kali ini, Kami Management Kedai Java Ramen ingin berbagi mengenai bagaimana merencanakan pemasaran yang baik,,atau lebih biasa dikenal dalam Ilmu Komunikasi adalah Marketing Plan..

Marketing plan merupakan bagian dari business plan. Inti kegiatan marketing plan adalah:
- Analisa situasi lingkungan dan peluang pasar
- Mengembangkan sasaran pemasaran
- Menetapkan strategi pemasaran
- Menciptakan taktik atau tindakan pelaksanaan
 
Ruang Lingkup Rencana Pemasaran
Where have we been? (Dimana kita berada?)
Where do we want to go? (Kemana kita akan pergi?)
How do we get there? (Bagaimana cara sampai kesana?)

5 Konsep Pemasaran:
a.Konsep Produksi (production concept)
b.Konsep Produk (product concept)
c.Konsep Penjualan (Selling concept)
d.Konsep Pasar (Marketing concept)
e.Konsep pemasaran berwawasan sosial (society concept) responsibility
Sebuah usaha itu memasarkan berbagai jenis barang dan jasa, seperti barang konsumsi, barang hasil bumi, barang industri, dan jasa.

Fokus Usaha
Perusahaan perlu melakukan fokus pada upayanya melayani pe­langgan dengan baik. Fokus diartikan menyediakan bauran jasa yang sempit untuk segmen pasar tertentu, yaitu kelompok yang memiliki kesamaan karakteristik, kebutuhan, perilaku pembelian atau pola konsumsi.
Konsep Ini merupakan strategi penting dan dapat dibagi menjadi dua hal, yaitu fokus pasar (market focus) atau fokus jasa (service focus). Fokus pasar mengilustrasikan besarnya pasar atau banyaknya pasar yang dilayani oleh per­usahaan dan fokus jasa mengilustrasikan luasan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan dan menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan yang dapat memuaskan pasar sasaran tersebut.
Salah satu tahap penting dan kritis dalam penyusunan strategi adalah bergantung pada penentuan target konsumen yang tepat. Diperlukan ke­putusan untuk mendefinisikan market segmentation melalui proses clus­tering pasar berdasarkan kelompok dan kebutuhan konsumen.


Semoga Bermanfaat..
Semangat berwirausaha!! :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar