Senin, 16 Februari 2015

7 Pilar Strategi dalam Bisnis

Dalam melaksanakan bisnis/usaha hingga saat ini dibutuhkan perjuangan dan proses pahit manis yang harus dilewati agar kita lebih menghargai sesama dan apapun..

Bisnis sangat memerlukan Komunikasi yang baik, itu ilmu yang selalu saya pakai sewaktu masih menjadi pengajar honorer di S1 Ilmu Komunikasi Unsoed Purwokerto. Oleh karena itu dalam bisnis kemitraan ini saya tekankan dari awal harus membaca, mempelajari proposal dan perjanjian kemitraan Javaramen terlebih dahulu karena disitu kami menyampaikan informasi secara detail. Setelah itu diadakan pertemuan di Purwokerto agar tercipta opini,negosiasi, untuk kemudian diadakan perjanjian kerjasama dan tandatangan perjanjian kemitraan.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir salah paham jika terjadi hambatan,karena dlm usaha/bisnis pasti ada hambatan (eksternal dan internal.

Saya kutip Ilmu dari Dosen dan Guru Besar saya sewaktu kuliah di S2 Ilmu Komunikasi Bisnis Universitas Padjajaran Bandung Prof. Dr. H. Soegandha Priyatna yang mengemukakan pentingnya 7 Pilar Strategi Komunikasi Bisnis.

Komunikasi adalah pusat nadi di semua lini dan tingkat manajemen. Tanpa keterampilan berkomunikasi akan sulit mengemukakan pemikiran bahkan negosiasi yang baik.

7 Pilar Strategi Komunikasi Bisnis yang harus dikuasai adalah:

1. Pemahaman terhadap proses komunikasi
2. Penggunaan pikiran (good thingking)
3. Memahami bahasa
4. Kejelasan pesan (Clearness)
5. Daya persuasi (Persuasiveness)
6. Kelengkapan pesan (Completness)
7. Keinginan baik (Good Will)

Hal ini harus diterapkan dalam bisnis agar ingin bisnis berjalan dengan berhasil dan tahan lama (exist), antara atasan ke bawahan, pemilik ke konsumen, penjual ke pembeli harus terbentuk komunikasi yang baik jangan kedepankan emosi dan ego :)
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar